500 Ha Kawasan Halal Banten, Diharapkan Akan Menyihir Investasi

 

Cipasera - Kawasan Industri Halal (KIH) Modern Cikande diluncurkan di  Lapangan Upacara Kantor Gubernur Banten.  KIH yang luasnya 500 H diharapkan dapat menyedot investasi, Selasa 2/9/2024.

Menurut Pj Gubernur Banten Al Muktabar,  KIH sesungguhnya sudah berjalan dan akan terus dikembangkan, terutama segmentasinya. Dengan luas  lahan sekitar 500 hektare, KIH itu akan menjadi pusat ekosistem produk halal, terutama pada hal hilirisasinya.

“Seribu usaha mikro yang kami daftarkan sertifikasi halalnya ini merupakan hulu, dan hilirnya nanti akan dipusatkan di KIH. Sehingga tata niaga ekspornya bisa tertata dengan baik ke negara-negara tujuan,” ujar Muktabar seperti dikutip Antara.

Di dalam KIH ini nantinya, tambah Al Muktabar.  tidak hanya produk pangan, tetapi diperdagangkan  juga banyak jenis produk halal lainnya seperti kosmetik dan farmasi, yang akan didorong pengembangannya.

“Produk halal ini merupakan satu tatanan ekonomi baru yang tengah banyak dikembangkan oleh berbagai negara di belahan dunia, dan Banten, dengan kesejarahannya, akan mengambil peran penting untuk itu,” ungkap Muktabar.

Sementara  peluncuran Kawasan Industri Halal (KIH) Modern Cikande yang dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Maaruf katakan,  Provinsi Banten ini memiliki potensi besar menjadi pusat industri produk halal. Apalagi  didukung dengan penerapan prinsip syariah dan nilai-nilai religius yang mengakar kuat di Provinsi Banten. 

“Infrastruktur ekosistem halal sudah tersedia, bahkan Banten sudah memiliki KIH yang menawarkan one stop service dan berbagai keunggulan kompetitif. Semoga investasi lancar," ujarnya.

Ma’ruf Amin juga  mengatakan KIH ini dikembangkan tidak hanya untuk pelaku usaha besar, melainkan juga untuk mendukung pemberdayaan pelaku usaha mikro, melalui kemitraan yang dibangun dalam rantai nilai halal.(red/ant)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel