Kursi Kosong PPDB SMA Terbanyak di Lebak

      Ilustrasi. Pj Muktabar salami siswa

Cipasera - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banten Tabrani mengatakan,  ada 6.515 kursi jenjang SMA Negeri se Banten yang belum terisi pada tahun ajaran 2024/2025. 

 Hal itu, kata Tabrani, penyebab adanya kuota yang tidak terisi bukan karena tertolak di sekolah negeri. Tapi penyebabnya, kurangnya minat pendaftaran di SMAN terutama di daerah pelosok dan pedesaan, juga adanya calon siswa yang dinyatakan lulus PPDB tidak daftar ulang ke sekolah. Tabrani menyebut, Kabupaten Lebak menjadi daerah yang memiliki kursi kosong terbanyak di Banten dengan jumlah 2.192 daya. 

Untuk di Kabupaten Pandeglang ada 969 kursi kosong, di Kabupaten Serang ada 1.258 kursi kosong dan daerah lainnya yang totalnya sampai 6.515 kursi.

Adanya kursi kosong tersebut, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar meminta 6.515 kursi yang kosong di SMAN diprioritaskan untuk calon siswa kurang mampu. 

"Prinsipnya bagi kursi kosong kita akan peruntukan pada saudara kita yang kuramg tidak mampu," kata Al Muktabar kepada wartawan ditemui di Masjid Al Bantani, Kota Serang. Jumat 12/7/2024.

Untuk memastikan benar-benar tidak mampu, Al Muktabar meminta pihak sekolah untuk melakukan verifikasi faktual secara benar. "Akan kita cek on the spot ke tempatnya," ujar Al Muktabar. 

 Jika kuota dari afirmasi tersebut tidak tidak terpenuhi, maka kursi kosong itu akan diperuntukan bagi peserta yang tak lolos dari jalur zonasi. 

 Zonasi pun harus menerima peserta yang tak lolos dari jarak terdekat. "Urutan prioritasnya bagi afirmasi begitu dari afirmasi tidak terpenuhi baru kita geser ke yang lain (zonasi). Zonasi ada listnya, tinggal ditarik rangkingnya," kata dia.(red/kmp)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel