Wakil Walikota Tangsel Serahkan 18 Septictank Pribadi

 Pilar didampingi Sekdis DCKTR  Hadi Wibowo  Tangsel

Cipasera -   Pembuatan  2.400 tangki septik untuk masyarakat telah selesai selama  2023 - 2024. Hal ini disampaikan  oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan saat secara simbolis  serah terima  tangki septiktank ke masyarakat di Pondok Cabe Ilir dan Pondok Cabe Udik, Kec Pamulang, Tangsel  Rabu, 31/7/2024.

Menurut Pilar, program septictank Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ini  sudah dilakukan sejak  tahun lalu sampai tahun ini  sebanyak 2.400 unit septictank pribadi. 

"Hari ini  kita meresmikan 18 unit septictank sebagai bagian dari program wajib perbaikan sanitasi ini," kata Pilar didampingi Sekdis DCKTR Tangsel Hadi Wibowo.

Pilar juga mengatakan, bahwa pembangunan tangki septik merupakan bagian dari upaya menciptakan kota yang sehat.

Selain membangun infrastruktur jalan, penerangan jalan umum (PJU), dan drainase, Pilar menekankan pentingnya pembangunan tangki septik sebagai langkah untuk menjaga kesehatan lingkungan dan pemukiman.

"Kita membangun kampung, pemukiman kita, rumah kita, selain mungkin jalannya, selain lampu penerangan jalan umum (PJU) atau bangun drainasenya, kita juga jangan lupa untuk membangun septictank," tambahnya.


Pilar juga mengucapkan terima kasih kepada para kader yang telah membantu dalam mencari dan menyisir warga yang rumahnya belum memiliki tangki septik pribadi.

Menurutnya, tangki septik pribadi memiliki manfaat besar dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh pembuangan limbah rumah tangga ke saluran air atau got.

"Manfaatnya apa septictank pribadi ini? Ya tadi disampaikan oleh penerima manfaat bahwa limbah rumah tangga tentu saja tidak akan dibuang langsung ke saluran," ungkap Pilar,  "Kalau dibuang ke saluran, dibuang ke got itu nanti akan menimbulkan penyakit. Penyakit itu ke siapa? Yang kena adalah keluarga yang bersangkut, dan bisa jadi sekitar."

Selain itu, Pilar mengingatkan warga yang menerima tangki septik untuk merawat dan membersihkannya secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

"Saya kembalikan kepada para penerima manfaat, bagaimana septictank ini benar-benar dimanfaatkan supaya bisa dirawat, supaya septictanknya berfungsi,” ucap dia.(red/*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel