Civitas Unpam Adakan Pelatihan Strategi Komunikasi UMKM di Pakulonan

Citivas Akademika Unpam dan pengelola UMKM di Pakulonan 


Cipasera -  Dalam upaya meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital, civitas akademik Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tentang strategi komunikasi dalam  usaha  20 - 22/5/24. di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, pelaku UMKM diberikan pembekalan berupa peningkatan daya saing dan strategi pemasaran agar produk punya daya saing. Selain itu juga diberikan pemahaman mengenai teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pemasaran modern. Ada juga sesi diskusi dan berlatih mengenai cara memanfaatkan media sosial, mengikuti pelatihan kewirausahaan, dan membangun jaringan komunitas yang kuat. 

Dosen Ilmu Komunikasi Unpam Muhammad Yopi, menjelaskan, pelatihan juga dalam rangka membantu pelaku UMKM guna meningkatkan visibilitas dan daya saing di pasar lokal maupun global. Dengan pemahaman dan keterampilan yang memadai soal TIK, UMKM dapat lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kita memberikan sejumlah hal dan pelatihan bagaimana produk bisa berkembang serta apa saja strategi pemasarannya,” ujarnya, saat ditemui di lokasi.

Kata dia,  Kelurahan Pakulonan memiliki potensi ekonomi yang signifikan. Sayangnya masih banyak pelaku UMKM belum memaksimalkan penggunaan TIK untuk pemasaran. Data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan menyebutkan terdapat lebih dari 1.200 UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi lokal. 

Lurah Kelurahan Pakulonan Dwi Santoso mengapresiasi kegiatan civitas akademik Unpam yang menyelenggarakan pelatihan ini. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, ia berharap pelaku UMKM dapat tumbuh lebih kuat dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian lokal. 

"Tentunya kita senang kegiatan ini karena dapat mendorong pelaku UMKM untuk terus berkembang,” imbuhnya. (rls)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel